Pertanyaan seputar Alat Bantu Mendengar

Hearing aid of child and girl suggests hearing aid. Weak hearing in children


Dok apakah saya / anak saya harus pakai alat bantu mendengar ?

” Anggaplah penggunaan alat bantu mendengar seperti penggunaan kacamata yang sebenarnya juga sebuah alat bantu melihat bagi pasien dengan rabun jauh, sehingga tidak perlu malu menggunakan alat bantu mendengar ” 

Saya  / anak saya tidak dapat mendengar dengan baik. Apa yang harus saya lakukan ?

Pertama, periksa ke dokter terdekat yang dapat merujuk anda ke dokter spesialis THT, karena pada beberapa kasus gangguan dengar dapat diterapi dengan obat atau operasi.

Apabila anda mengalami nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, gangguan dengar hanya pada satu sisi telinga, gangguan dengar yang tiba-tiba atau semakin memberat dengan cepat, atau rasa pusing berputar sebaiknya anda segera menemui dokter spesialis THT secepatnya karena gejala ini menandakan adanya masalah serius pada telinga anda.

Setelah pemeriksaan fisik, dokter THT biasanya akan melakukan pemeriksaan audiometri pada pasien dewasa dan BERA pada pasien bayi untuk mengetahui kondisi pendengaran anda. Hasil pemeriksaan pendengaran tersebut akan menunjukkan jenis dan derajat gangguan dengar yang anda derita.

Jenis Gangguan Dengar 

Gangguan Dengar Konduktif : 
Gangguan dengardisebut konduktif apabila gangguan dengar terjadi akibat masalah pada lubang telinga luar, gendang telinga, dan atau tulang-tulang pendengaran. Masalah timbul akibat sumbatan secara mekanik yang mencegah seluruh energi suara mencapai telinga dalam.

Penyebab masalah tersering pada gangguan dengar konduktif adalah kotoran telinga (serumen) yang menyumbat, adanya cairan ditelinga tengah atau gendang telinga yang rusak (berlubang) akibat riwayat infeksi telinga sebelumnya. Terapi dengan obat atau operasi tersedia untuk mengatasi penyebabnya. 

Gangguan Dengar Sensorineural : 
Gangguan dengar disebut sensorineural (syaraf) apabila gangguan dengar yang terjadi akibat masalah / kerusakan struktur telinga dalam seperti kohlea (rumah siput) dan saraf pendengaran, yang dapat disebabkan oleh keturunan, infeksi, penyakit sistemik, trauma kepala,  paparan suara yang keras atau proses penuaan. Hingga saat ini belum ada obat untuk mengatasi masalah ini, sehingga pilihan terapi adalah penggunaan alat bantu mendengar yang dapat membantu pada sebagian besar kasus. 

Dimana saya sebaiknya membeli Alat Bantu Mendengar ? 
 Hindari pembelian alat bantu mendengar tanpa resep dokter / pemeriksaan pendengaran lengkap sebelumnya dengan audiometri / BERA. Karena  alat bantu dengar terdapat berbagai merk dan jenis yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda yang pemilihannya harus disesuaikan dengan kondisi setiap pasien yang berbeda-beda.


Apa risikonya apabila saya membeli Alat Bantu Mendengar tanpa resep / pemeriksaan pendengaran oleh dokter ?
Risikonya adalah anda akan membuang uang sia-sia. Karena penggunaan alat bantu dengar yang tidak sesuai akan berakibat telinga justru menjadi tidak nyaman sehingga alat tidak dipakai oleh pasien, bahkan berisiko dapat memperberat gangguan dengar yang ada. 


Berapa harga Alat bantu Mendengar ? 
Dalam pemilihan alat bantu mendengar, harga sebaiknya tidak menjadi satu-satunya alasan dalam menentukan pilihan. harga dapat bervariasi dalam kisaran ratusan ribu hingga belasan atau bahkan pupuhan juta rupiah. Selain masalah harga, pertimbangan utama adalah jenis alat bantu mendengar yang paling sesuai dengan hasil pemeriksaan pendengaran adalah pilihan yang terbaik. Faktor lain yang penting dipertimbangkan adalah kualitas produk, dan kualitas layanan purna jual berupa garansi dan servis apabila ada kerusakan serta kemudahan dalam mendapatkan serta melakukan penggantian baterai.   


Bagaimana cara mencoba Alat Bantu Mendengar ? 
Setelah pemeriksaan pendengaran selesai dilakukan, anda akan diperbolehkan mencoba alat bantu dengar yang sesuai dengan hasil pemeriksaan anda. Pada saat mencoba alat bantu dengar, pendengaran  anda akan diperiksa ulang, rasakan apakah ada perbaikan dalam pendengaran dan pemahaman kata-kata yang diucapkan baik dalam keadaan sekitar yang hening dan ramai. 


Bagaimana cara menggunakan alat bantu mendengar dikehidupan sehari – hari ?  
Mulailah menggunakan alat bantu mendengar ditempat yang hening, kemudian bertahap gunakan di tempat yang lebih ramai. Kemudian secara bertahap gunakan alat bantu mendengar selama anda terjaga dan beraktifitas normal.

Gunakan buku catatan harian untuk mencatat kejadian yang aneh / tidak nyaman bagi telinga anda dan laporkan dengan akurat pada tempat anda membeli alat bantu mendengar untuk dilakukan penyesuaian yang lebih baik. bersabarlah dan berilah kesempatan pada telinga anda untuk menyesuaikan diri dengan “suara baru” yang sekarang anda dengar .


Kapan waktu yang tepat untuk anak saya mulai menggunakan alat bantu dengar ? 
Alat bantu dengar dapat digunakan sejak usia anak 6 bulan, dengan catatan sudah diperiksa fungsi pendengaran dengan BERA / ASSR.

Pedoman waktunya adalah sebagai berikut :

Skrining OAE : paling lambat usia 1 bulan ( bagi semua bayi baru lahir, tanpa kecuali, meskipun tidak ada riwayat gangguan dengar pada orang tua  / kecurigaan gangguan dengar pada bayi)

Diagnostik BERA / ASSR : paling lambat usia 3 bulan (bagi  bayi yang hasil pemeriksaan OAE nya REFER pada saat skrining)

Pemakaian alat bantu dengar : sebaiknya sejak usia 6 bulan (bagi pasien yang hasil BERA / ASSR nya ada gangguan pendengaran)

Evaluasi efektifitas terapi bicara setelah pemakaian alat bantu dengar (oleh dokter THT – dokter anak dan speech terapist)

Bila diperlukan setelah evaluasi dapat dipertimbangkan untuk dilakukan pemasangan Implan Kohlea (keputusan implan kohlea sangat individual tergantung kasus, untuk ini harus diskusi lebih lanjut dengan dokter THT anda untuk mempertimbangkan segala aspek yang terkait masalah indikasi, risiko operasi, biaya, proses terapi bicara setelah operasi, dll)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *